25 March, 2014

Penemu Domain Terima Penghargaan Seumur Hidup

Tanggal: 11 Jul 2005 Sumber: Iin Wirdania Anwar

NamaDomain.com, Kalau bukan karena orang ini, kita tidak akan bisa berjelajah internet dengan mudah. Pasalnya, dia yang menciptakan metode pengubahan alamat situs menjadi sederetan angka yang dikenal dengan nama Domain Name System (DNS).

Dr. Paul Mockapetris, demikian namanya, adalah seorang kepala ilmuwan yang baru-baru ini diberikan penghargaan seumur hidup dari ACM Sigcomm (Special Interest Group on Data Communication). Ini adalah sebuah asosiasi untuk para spesialis jaringan komputer yang profesional di bidangnya.

Penghargaan ini diberikan atas jasanya menciptakan sistim pengkodean alamat situs, DNS atau yang biasa disebut domain, 22 tahun silam. Ia mengembangkan sistim ini ketika masih aktif di Institut Ilmu Informasi, University of Southern California, Amerika Serikat.

"Adalah suatu kehormatan besar bagi saya atas diberikannya penghargaan ini oleh ACM Sigcomm," tutur Dr. Mockapetris seperti dilansir BBC News dan dikutip detikinet Jumat (3/6/2005).

Meski sudah menyabet penghargaan bergengsi, rupanya ia tidak berhenti dengan berpuas diri. "Masih banyak yang harus dilakukan meski dunia internet kini sudah semakin canggih. Masih perlu pengadaan jaringan yang lebih berguna dan aman," harapnya.

Sekedar informasi, DNS adalah suatu sistim yang menterjemahkan alamat situs, misalnya www.detik.com menjadi serentetan angka yang dapat dimengerti oleh jaringan. Ini juga sangat berguna untuk penerjemahan kode dari layanan situs pencari dan e-mail ke dalam kode telepon internet, VoIP.

"Sistim DNS ini adalah jantung dari pengoperasian internet," ujar pimpinan ACM Sigcomm, Jennifer Rexford. "ACM Sigcomm merasa terhormat memberikan penghargaan kepada Dr. Mockapetris atas dedikasinya dalam mendisain dan mengembangkan DNS. Termasuk perannya yang sangat penting dalam perkembangan dunia internet," uangkapnya.

Tidak hanya sistim DNS, Mockapetris pun ternyata juga perancang Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) internet. Ini biasa digunakan untuk e-mail. Selain itu ia juga memimpin Internet Engineering Task Force (IETF), sejak tahun 1994 hingga tahun 1996.

Sebelum Mockapetris, penghargaan serupa juga pernah diberikan kepada Vint Cerf. Ia adalah pionir pengembang jaringan internet yang menyabet penghargaan di tahun 1996. Terutama atas jasanya mengembangkan protokol dasar TCP/IP.

Internet Protocol (IP) adalah sistim postal yang memungkinkan pengguna untuk mengirim data ke dalam sistim tersebut tanpa hubungan langsung dengan si penerima data. Sementara Transmission Control Protocol (TCP), menyediakan kemudahan pengiriman data yang memungkinkan komunikasi dua arah antara sumber dan tujuan.

Penghargaan Sigcomm ditujukan kepada orang-orang yang memberikan kontribusi besar terhadap pengembangan komunikasi data dan komputer secara teknis. Penganugeran penghargaan mulai dilakukan pada tahun 1989.
(nks)