22 November, 2012

Asal Mula atau Asal Usul - 4 Teori Kausalitas

Asal Mula atau Asal Usul - 4 Teori Kausalitas
Sebelum Munculnya Sang Buddha

 

Terjadinya Paham Kausalitas, karena kecenderungan berusaha mencari jawaban tentang asal mula  atau asal usul segala sesuatu. Di India sebelum munculnya Sang Buddha terdapat 4 teori Kausalitas yang utama;

1.      Sayaÿ Kataÿ (faktor internal), sayaÿ ; roh yang kekal, kataÿ : membuat diri sendiri. Adalah suatu pandangan bahwa segala sesuatu berasal dari dalam (roh), semua disebabkan oleh roh makhluk atau benda tersebut. Segala sesuatu yang terjadi baik atau buruk karena adanya roh (atta) dalam diri suatu mahluk. Menganut paham Eternalis atau kekekalan bagi kaum Upanisad.

2.      Paraÿ Kataÿ (faktor eksternal) ; bahwa segala sesuatu berasal dari luar, orang yang berpandangan ini tidak setuju dengan pendapat yang pertama (sayaÿ kataÿ). Faktor eksternal ; Niyativàda (nasib atau takdir), Svàbhava (sifat bawaan), Kalavàda (waktu), Issaranimanavàda (brahma atau makhluk supranatural), dan Kamma Lampau.

3.      Sayaÿ Kata¤ ca Paraÿ Kata¤ ca (gabungan 2 teori) ; bahwa segala sesuatu terjadi berasal dari luar dan dari dalam, oleh roh dan faktor eksternal.

4.      Asayakaraÿ apara karaÿ, Adhiccasamuppàda (ahetuvàda) ; tanpa sebab. Bahwa yang terjadi adalah tanpa sebab, tiba-tiba, spontan, ujuk-ujuk, secara kebetulan, sekonyong-konyong. Menganut paham Nihilis, hidup sekali tidak ada kelanjutan lagi atau pemusnahan diri.

Sang Buddha menghindari ke-empat teori tersebut, beliau memakai teori Jalan Tengah bahwa segala sesuatu berasal dari banyak faktor atau sebab yang menghasilkan banyak akibat yang menjadi sebab baru, demikianlah Pañiccasamuppàda.

 

[dikutip dari internet periode Mei 2012 - sekedar referensi bacaan tambahan]