31 March, 2010

Contoh Yurisdiksi Cyber-Space


Di Eropa, dimana kenangan Perang Dunia kedua masih segar dalam pikiran mereka bagi yang tinggal pada periode tersebut, penjualan souvenir kenangan Nazi dan Fasis sering menjadi percikan ketersinggungan.

Tahun 2000 telah dilangsungkan dalam ruang sidang di Paris, ketika sebuah pihak yang berwenang sedang mencari cara untuk memaksa perusahaan Amerika, Yahoo Inc., untuk membatasi agar warga Perancis untuk bisa mengakses ke artefak nazi yang terpajang dalam bahasa Inggris pada sebuah situs lelang, yang tersedia secara online bagi seluruh pengunjung situs dari seluruh dunia.
Apapun hasil dari 'hearing [penjajakan] pada persidangan ini, merupakan suatu titik point dari sebuah teka-teki hukum dalam suatu transaksi perdagangan via cyber-space yang tanpa batas.

Apa yang terjadi ketika suatu hukum dan kebiasaan pada suatu negara menerima suatu pesan online yang berbenturan dengan hukum dan nilai-nilai yang berlaku dari negara pengirim pesan asli?

Dalam pertanyaanya, apakah yahoo.inc bisa membidik hukum Perancis dengan cara mengutuk era nazi, ataukah Perancis mengutuk Yahoo yang memiki kebebasan berexpresi sebagaimana diwujudkan dalam konstitusi Amerika Serikat. Inilah titik kasus Yahoo yang menyangkut yurisdiksi hukum dalam internet [Henry H. Perritt Jr, dekan College Chicago-Kent Hukum dan ahli dalam hukum Internet].

Jika website dapat diakses oleh semua orang, dan mengenai yurisdiksi yang berlaku adalah hukum dari setiap bangsa di bumi sebagai hukum yang mengatur internet, namun pada sisi lain jika kita mengutamakan bahwa hukum yang berlaku adalah hukum di negara mana kotnen itu berada, sehingga nilai-nilai 'kebiasaan' pada negara asing diabaikan, maka disini telah terjadi benturan hukum untuk menentukan yurisdiksi hukum mana yang berlaku.

Hakim Jean-Jacques Gomez Mahkamah Superior Paris memerintahkan Yahoo Inc, berbasis di Santa Clara, California, untuk mencegah dan membuat [membatasi] kemampuan peselancar Web bagi Perancis untuk bisa mengakses ke penjualan objek Nazi-terkait yang muncul di layanan lelang diselenggarakan oleh Yahoo.com.