25 February, 2010

Pentingnya Privacy Setting Dalam Facebook


Salah satu fasilitas yang tersedia dalam facebook yaitu adanya Privacy Settings, privacy atau kerahasiaan pribadi merupakan hal mutlak tetap dibutuhkan ketika anda browsing internet maupun ketika anda terdaftar dan terhubung melalui jaringan facebook. Ada baiknya sejak awal, tidak seluruh identitas atau data diri kita, dikemukakan melalui facebook, misalkan alamat email, nomor phone-cell, nomor kantor, data identitas keluarga, partner maupun saudara. Tidak menjadi masalah, nantinya orang berpendapat bahwa informasi anda tidak jelas / tidak informatif, hal demikian cukup kita serahkan kepada orang lain sebagai pengunjung facebook.
Bisa jadi keperluan menyembunyikan identitas ini karena permintaan klien, misalkan seorang Advokat yang diwajibkan untuk tetap menjaga keamanan rahasia [data] klien yang sedang ditanganinya, tidak sedikit klien yang secara khusus meminta kepada Advokat itu agar tetap menyembunyikan rahasia bahwa si-klien telah menggunakan jasa advokat di maksud. Jadi keperluan privacy disini adalah untuk kepentingan pihak ketiga.
Bahkan, kita tak perlu segan untuk meminta kepada saudara-saudara kita yang terhubung melalui facebook agar tetap merahasiakan data facebook kita, walau mereka mengetahui siapa jati-diri kita.
Apakah menerapkan privacy ini identitas kita sepenuhnya tidak terbuka? tidak juga, karena pada akhirnya anda akan tetap menemukan cara untuk mengungkapkan siapa diri anda yang sebenarnya, bahkan juga untuk menjalin hubungan bisnis.
Membangun citra melalui facebook [demikian juga melalui website atau suatu blog] memerlukan suatu proses yang panjang. Jangan sekalipun mempertaruhkan nama anda dengan mengaku atau mengungkapkan jati diri orang lain, karena hal ini akan memiliki resiko yang sangat besar dan/atau akan membahayakan teman anda sendiri. Melalui internet kita bisa berbagi berbagai pengetahuan, menjalankan bisnis, namun bukan saling menukar identitas semata. Pemanfaatan privacy setting tidak mengartikan bahwa kita membatasi diri untuk mencari teman atau berhubungan teman baru, karena tindakan ini tetap dapat dilakukan secara leluasa. Ibarat kemampuan anda mengendarai sebuah mobil, anda tetap dapat mengendarai dalam kecepatan tinggi, namun tetap memperhatikan adanya ketersediaan sabuk pengaman, roda-ban yang baik, rem serta alat pengaman lain yang setiap saat anda butuhkan.
Berbagai fenomena dari para pengguna facebook, antara lain banyak yang terperosok atau terjebak karena sedemikian terbukanya kumpulan foto yang mereka miliki baik itu diperoleh karena up-load pribadi ataupun karena kiriman [tag] dari teman lain. Keterbukaan inilah yang telah dimanfaatkan oleh berbagai pihak [tentunya yang berkepentingan] untuk memanfaatkan celah keterbukaan foto, misalkan sebagai tuduhan awal untuk adanya bukti perselingkuhan, atau sebagai upaya awal untuk mendeteksi dan memuaskan rasa curiga yang tak memiliki dasar hukum.
- have a nice friend on facebook -